Minggu, 28 Desember 2008

penjabaran SKU penegak

VISI
“Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum muda"
MISI
1. Mempramukakan kaum muda
Yang dimaksud dengan mempramukakan tidak berarti bahwa seluruh kaum muda itu dimasukkan sebagai anggota Gerakan Pramuka tetapi lebih pada tataran jiwa dan prilaku kaum muda yang sesuai dengan pramuka sebagai bagian dari masyarakat indonesia.
2. Membina anggota yang berjiwa dan berwatak Pramuka, berlandaskan iman dan taqwa (Imtaq) serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
Bahwa semua sendi program pendidikan yang dilaksanakan Gerakan Pramuka harus dilandaskan pada Iman dan taqwa dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga apapun yang dilakukan perlu mengikuti perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pada eranya.
3. Membentuk kader bangsa patriot pembangunan yang memiliki jiwa bela negara
Gerakan pramuka memiliki salah satu tugas yakni menyiapkan kader bangsa sehingga diperlukan adanya pendidikan yang khusus. Untuk itu, karena disadari bahwa perlunya pendidikan bela negara sebagai bagian dari kebutuhan bangsa dan negara.
4. Menggerakkan anggota dan organisasi Gerakan Pramuka agar peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kemasyarakatan.
Hal ini dilakukan untuk memantapkan jati diri Gerakan Pramuka melalui kode kehormatannya dan sekaligus sebagai pencerminan anggota Pramuka yang tanggap terhadap permasalahan pada lingkungan sekitarnya.

SEJARAH PRAMUKA DUNIA
A.Pendahuluan
Kalau kita mempelajari sejarah pendidikan kepramukaan kita tidak dapat lepas dari riwayat hidup pendiri gerakan kepramukaan sedunia Lord Robert Baden Powell of Gilwell.
Hal ini disebabkan pengalaman beliaulah yang mendasari pembinaan remaja di negara Inggris. Pembinaan remaja inilah yang kemudian tumbuh berkembang menjadi gerakan kepramukaan.

B. Riwayat hidup Baden Powe
Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Ayahnya bernama powell seorang Professor Geometry di Universitas Oxford, yang meninggal ketika Stephenson masih kecil.
Pengalaman Baden Powell yang berpengaruh pada kegiatan kepramukaan banyak sekali dan menarik diantaranya :
a. Karena ditinggal bapak sejak kecil, maka mendapatkan pembinaan watak ibunya.
b.Dari kakaknya mendapat latihan keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dan lain-lainnya.
c.Sifat Baden Powell yang sangat cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar sehingga disukai teman-temannya.
d. Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung serta keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball O’Hara.
e. Terkepung bangsa Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan.
f. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan engambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu.
Pengalaman ini ditulis dalam buku “Aids To Scouting” yang merupakan petunjuk bagi Tentara muda Inggris agar dapat melaksanakan tugas penyelidik dengan baik.
William Smyth seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sesuai dengan pengalaman beliau itu.
Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah Inggris, diajak berkemah dan berlatih di pulau Browns Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.
Tahun 1910 BP pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak. Beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

C. Sejarah Kepramukaan Sedunia
Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.
Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan oleh istri beliau.
Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala.
Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Tahun 1924 Jambore II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark
Tahun 1929 Jambore III di Arrow Park,irkenhead, Inggris
Tahun 1933 Jambore IV di Godollo, Budapest, Hongaria
Tahun 1937 Jambore V di ogelenzang, lomendaal, Belanda
Tahun 1947 Jambore VI di Moisson, Perancis
Tahun 1951 Jambore VII di Salz Kamergut, Austria
Tahun 1955 Jambore VIII di sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris
Tahun 1959 Jambore IX di Makiling, Philipina
Tahun 1963 Jambore X di Marathon, Yunani Tahun 1967 Jambore XI di Idaho, Amerika Serika
Tahun 1971 Jambore XII di Asagiri, Jepang
Tahun 1975 Jambore XIII di Lillehammer,Norwegia
Tahun 1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan
Tahun 1983 Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada
Tahun 1987 Jambore XVI di Cataract Scout Park, Australia
Tahun 1991 Jambore XVII di Korea Selatan
Tahun 1995 Jambore XVIII di Belanda
Tahun 1999 Jambore XIX di Chili, Amerika Selata Tahun 2003 Jambore XX di Thailand

Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.
Tahun 1920 dibentuk Deewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya di London, Inggris dan tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan dari London ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.
Sejak tahun 1920 sampai 19 Kepala Biro Kepramukaan Sedunia dipegang berturut-turut oleh Hebert Martin (Inggris). Kolonel J.S. Nilson (Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada) yang pada tahun 1965 diganti oleh R.T. Lund 1 Mei 1968 diganti lagi oleh DR. Laszio Nagy sebagai Sekjen
Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.









(Gambar Struktur Organisasi Gerakan Pramuka)
Macam-macam Tanda Pengenal
a. Tanda Umum
Dipakai secara umum oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang sudah dilantik, baik putra maupun putri.
Macamnya : Tanda tutup kepala, setangan / pita leher, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM
b Tanda Satuan
Menunjukkan Satuan / Kwartir tertentu, tempat seorang anggota Gerakan Pramuka bergabung.
Macamnya : Tanda barung / regu / sangga, gugusdepan, kwartir, Mabi, krida, saka, Lencana daerah, satuan dan lain-lain.
c.Tanda Jabatan
Menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka dalam lingkungan organisasi Gerakan Pramuka
Macamnya : Tanda pemimpin / wakil pemimpin barung / regu / sangga, sulung,pratama, pradana, pemimpin / wakil krida / saka, Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dan lain-lain.

d.Tanda Kecakapan
Menunjukkan kecakapan, ketrampilan, ketangkasan, kemampuan, sikap, tingkat usaha seorang Pramuka dalam bidang tertentu, sesuai golongan usianya.
Macamnya : Tanda kecakapan umum / khusus, pramuka garuda dan tanda keahlian lain bagi orang dewasa.
e.Tanda Kehormatan
Menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada seseorang atas jasa, darma baktinya dan lain-lain yang cukup bermutu dan bermanfaat bagi Gerakan Pramuka, kepramukaan, masyarakat, bangsa, negara dan umat manusia.
Macamnya :
Peserta didik : Tiska, tigor, bintang tahunan, bintang wiratama, bintang teladan.
Orang dewasa : Pancawarsa, Darma Bakti, Wiratama, Melati, Tunas Kencana.

Lambing Pramuka
Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota Gerakan Pramuka.
Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soehardjo Admodipura, seorang pembina Pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian dan kemudian digunakan sejak 16 Agustus 1961. Lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

Bentuk dan Arti Kiasan
Bentuk lambang gerakan pramuka itu adalah Silhouette tunas kelapa. Arti kiasan lambang gerakan pramuka :
1.Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2.Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.
3.Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam mesy dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.
4.Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
5.Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
6.Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Penggunaan Lambang
Lambang gerakan pramuka dapat digunakan pada panji, bendera, papan nama kwartir dan satuan, tanda pengenal administrasi gerakan pramuka. Penggunaan tersebut dimaksudkan sebagai alat pendidikan untuk mengingatkan dan meningkatkan kegiatan gerakan pramuka sesuai dengan kiasan yang ada pada lambang gerakan pramuka tersebut.

Gambar lambang gerakan pramuka








Warna dan Arti Kiasan
Dalam Lingkungan Gerakan Pramuka kita mengenal beberapa warna termasuk arti warnanya. Warna yang memiliki arti kiasan sangat membantu dalam menciptakan sebuah gambar agar lebih bermakna dan memberikan motivasi bagi penggunanya.
Berikut ini beberapa jenis warna dan arti warna di dalamnya :


NO
JENIS WARNA
ARTI WARNA

1Meraha. keberanian
b. dinamika
c. wanita
d. surya (matahari)
e. kasih sayang
2Putiha. kemurnian
b. kebersihan
c. kesucian
d. kewajiban
e. prasahajaan
f. pria
g. Candera (bulan)3Kuninga. kejayaan
b. kebesaran
c. keemasan
4Hijaua. keagungan
b. kesejahteraan
c. kebijaksanaan
d. kecerdasan5Birua. daratan
b. kemakmuran
c. keta’atan
d. taqwa6Biru tuaa. laut
b. kesetiaan
c. ketekunan
d. ketabahan7Hitama. kedalaman
b. kesungguh*anKompas
Kompas adalah alat bantu untuk menentukan arah mata angin. Bagian-bagian kompas yang penting antara lain :
1. Dial, yaitu permukaan di mana tertera angka dan huruf seperti pada permukaan jam.
2. Visir, yaitu pembidik sasaran
3. Kaca Pembesar, untuk pembacaan pada angka
4. Jarum penunjuk
5. Tutup dial dengan dua garis bersudut 45
6. Alat penggantung, dapat juga digunakan sebagai penyangkut ibu jari untuk menopang kompas pada saat membidik.

Angka-angka yang ada di kompas dan istilahnya
North = Utara = 0 North East = Timur Laut = 45
East = Timur = 90
South East = Tenggara = 135
South = Selatan = 180
South West = Barat Daya = 225
West = Barat = 270
North West = Barat Laut = 325

Cara Menggunakan Kompas
1. Letakkan kompas anda di atas permukaan yang datar. setelah jarum kompas tidak bergerak lagi, maka jarum tersebut menunjuk ke arah utara magnet.
2. Bidik sasaran melalui visir dengan kaca pembesar. Miringkan sedikit letak kaca pembesar, kira-kira 50 di mana berfungsi untuk membidik ke arah visir dan mengintai angka pada dial. 3. Apabila visir diragukan karena kurang jelas dilihat dari kaca pembesar, luruskan saja garis yang terdapat pada tutup dial ke arah visir, searah dengan sasaran bidik agar mudah dilihat melalui kaca pembesar

Pengetahuan Pengobatan Tradisional
Usaha pengobatan penyakit oleh nenek moyang kita sudah banyak dilakukan sejak zaman dahulu. Obat tersebut menggunakan ramuan tradisional dari pekarangan-pekarangan, yang biasa disebut apotek hidup.
Sekarang sudah banyak obat-obatan tradisional yang sudah siappakai tinggal minum saja, walaupun tradisional pengolahannya sekarang juga menggunakan tenaga ahli apoteker.

Keuntungan obat tradisional :
1. Ramuannya di dapat dari kebun sendiri.
2. Ramuan dibeli dengan harga murah.
3. Khasiat nyata, tidak ada efek samping.

Sebagai anggota Gerakan Pramuka kita harus mengetahui tentang jenis-jenis obat tradisional :
•1. Petai
Berguna untuk mengobati luka. Caranya kulit-kulit pohon ditumbuk hingga halus dan direndam dalam air. Kemudian taruhlah di atas yang sakit danbalutlah.

•2. Asam
Berguna untuk mengobati sakit :
a. Demam
Asam secukupnya disedu dengan air panas dan diberi gula aren secukupnya, diminum apabila sudah dingin.

b. Sering Muntah
Asam kawak 6 biji, kapulogo 2 biji, satu sendok teh jinten. Kapulogo dan jinten ditumbuk lalu direbus dengan asam dalam air sebanyak 5 gelas. Setelah kira-kira tinggal 2 gelas diangkat, disaring lalu diminum.

•3. Jeruk Nipis
Berguna untukmengobati sakit tenggorakan.
Ambil jeruk nipis yang masih segar. Belahlah jeruk tersebut, buanglah biji-bijinya, berilah kapur sirih belahan jeruk tadi, tusuklah dengan lidi dan bakarlah di atas api, hingga jeruk itu mendidih. Kemudian peraslah jeruk tersebut di atas mulut tiga kali sehingga airnya menetes ke dalam tenggorakan. Setelah selesai gosokkanlah jeruk tersebut di leher kita.

•4. Kencur
Berguna untuk mengobati utnuk :
a. Sakit radang anak telinga
Dua jari kencur dengan dua biji pala ditumbuk halus. Remaslah dengan air bersih sebanyak dua sendok makan dan saringlah. Teteskanlah airnya ke dalam telinga tiga kali sehari 8 - 15 tetes.
b. Sakit kepala
Daunnya digilas sampai halus dan tempelkan di atas dahi.
c. Sakit bengkak karena terpukul atau terjatuh
Kencur bersama beras secukupnya ditumbuk sampai halus dengan sedikit air. Kemudian lulurkanlah kepada bagian yang sakit yang bengkak atau yang lecet tadi.

•5. Dadap
Berguna untuk mengobati :
a. Sakit panas
Daunnya diremas-remas dalam segelas air, kemudian disaring dan diminum.
b. Sakit pinggang
Daunnya diremas-remas dengan sedikit air dan dilulurkan pada pinggang yang sakit.
c. Anak yang berpenyakit cacingan
Daunnya ditumbuk halus dan ditempelkan di atas ubun-ubun yang berpenyakit cacingan.

•6. Kelapa
Berguna untuk mengobati :
a. Disentri
Air kelapa hijau diminum kenyang-kenyang.
b. Penahan lapar
Kalau lapar dan tidak ada nasi, bisa makan kelapa dengan gula aren.
c. Mabuk karena makan ikan, udang , dsb.
Orang yang kena racun, berilah minum air santan satu gelas sampai habis, jangan seteguk-teguk minumnya
d. Sariawan
Santan dicampur dengan getah pohon kemiri sebanyak satu sendok makan dan diminumnya.
e. Luka bakar
Minyak kelapa dicampur dengan kapur sirih untuk dijadikan semacam saleb.

•7. Kelor
Berguna untuk mengobati :
a. Sakit kepala, masuk angin, encok, sakit tulang
Akar kelor ditumbuk dan digilas hingga lembut. Campur dengan arak atau minyak kayu putih dan lulurkan pada bagian yang sakit.
b. Terkilir
Daun, dahan dan akar kelor digiling hingga lembut, lalu kompreskanlah berulang-ulang pada bagian yang terkilir tadi.

•8. Pinang
Berguna untuk mengobati :
a. Obat disentri
Dua buah biji pinang dikunyah-kunyah dan ditelan airnya, kemudian minumlah air bening.
b. Obat gosok gigi
Biji-biji pinang yang sudah tua dibakar hingga jadi arang, tumbuklah sampai menjadi tepung.
c. Obat luka
Biji pinang yang muda digilas sampai halus dan dicampur dengan air sedikit. Tutuplah luka itu dengan obat ini.

•9. Jambu biji
Berguna untuk mengobati sakit perut.
Tujuh pucuk daun jambu biji dicuci dan diremas-remas di dalam air bersih sebanyak satu gelas. Setelah itu disaring dan diminum.

•10. Pepaya
Berguna untuk mengobati :
a. Sakit pinggang disertai kencing sedikit-sedikit.
Pepaya jantan setelah dicuci diparut berikut biji-bijinya. Setelah itu dicampur dengan air bersih secukupnya dan diremas-remas. Akhirnya saringlah dan masukkan ke dalam gelas. Berilah gula batu dan minumkan.
b. Supaya anak banyak makan
Daun pepaya digilas diberi garam dan air sedikit, disaring ke dalam gelas kemudian diminumkan.
c. Luka biasa dan luka bakar
Akar pohon pepaya ditumbuk sampai halus dan taruhlah di atas luka itu, kemudian balut dengan perban.
d. Sakit perut
Buah pepaya kuning dikukus dalam timbunan debu berapi kemudian taruhlah satu malam di luar supaya kena embun dan makanlah pagi itu juga.

•11. Pisang
Berguna seperti tersebut di bawah ini :
a. Pisang ambon
Memudahkan buang air besar, mencagah banyaknya pendarahan pada waktu melahirkan bayi. Apabila sakit perut (menceret) pisang dibakar dengan kulitnya sampai hangus lalu dimakan isinya.
b. Pisang Emas
Baik untuk orang-orang yang sukar buang air besar, kulitnya baik untuk cuci rambut (abu kulit pisang dicampur kulit telur).
c. Pisang Kepok
Bonggolnya (yang ada di bawah tanah) baik untuk obat disentri, Kalau tenggorokan bengkak, air parutan bonggol pisang tersebut dipakai untuk berkumur. Bunganya merupakan obat untuk penyakit disentri, caranya mengunyah beberapa kuntum, airnya ditelan.
d. Pisang batu/klutuk
Baik untuk obat sariawan usus.
Cara membuatnya : beberapa buah pisang yang matang, dikupas kulitnya, beberapa buah pisang yang mentah diiris, kemudian dicampur dan diperas hingga keluar airnya. Air ini dicampur dengan tumbukan adas lima glintir (butir), sekerat akar sari dan sebuah bawang merah. Setelah diaduk taruhlah satu malam diluar (diembunkan) dan setelah itu diminum. Daun muka pisang ini, dapat mendinginkan penyakit panas kalau dibuat alas tidur.

•12. Handarasa
Berguna untuk mengobati :
a. Encok
Daun handarasa sebanyak dua kepal ditumbuk sampai halus. Campur dengan akpur sirih sedikit dan merica yang ditumbuk juga. Taruhlah racikan tersebut di atas badan yang sakit.
b. Sakit kepala
Daunnya digilas dicampur dengan merica putih dan cuka, gunakanlah sebagai obat tapal pada dahi.

•13. Kamboja / Semboja
Digunakan sebagai obat teriris pisau/benda tajam. Getahnya diteteskan pada tersebut dan kemudian balutlah.

•14. Kecubung
Berguna untuk mengobati :
a. Encok
Daunnya ditumbuk atau diremas-remas dan dilulurkan pada bagian badan yang sakit.
b. Sakit asma
Bunganya dijemur dan kalau sudah kering sekali lalu digulung dijadikan cerutu (rokok). Isaplah apabila penyakit itu terasa.

•15. Sambiloto
Digunakan sebagai obat luar dan dalam
Berguna untuk mengobati :
a. Demam dan kencing manis
Segenggam sambiloto setelah dicuci bersih lalu direbus dalam segelas air bersih. Setelah itu tuangkanlah airnya ke dalam gelas lain melalui kain saringan yang bersih dan minumlah.
b. Gigitan binatang berbisa
Segenggam daun tersebut digilas sampai halus taruhlah di atas air saringan yang dipasang di atas gelas kosong. Sambil diremas-remas berilah air sedikit, minumlah air sambiloto itu dan remasan daun sambiloto tersebut oleskan di sekitar badan di atas gigitan tersebut.
c. Bengkak-bengkak
Bagian badan yang bengkak itu komprteslah dengan daun sambiloto yang ditumbuk halus dua kali sehari hingga sembuh.

•16. Sirih
Berguna untuk mengobati :
a. Batuk
Sirih sebanyak 7 lembar dicampur dengan beberapa lembar daun kaki kuda direbus dengan air sebanyak dua gelas sehingga air rebusan itu tinggal satu gelas. Masukkanlah sebutir gula batu dan minumlah setelah dingin.
b. Sariawan dan sakit gigi
Untuk obat sariawan kunyahlah 2 atau 3 lembar sirih sampai lembut dan telanlah airnya. Untuk obat sakit gigi tidak perlu ditelan, tetapi sedapat mungkin sirih itu dikunyah oleh gigi yang sakit.
c. Sakit mata
Dua lembar daun sirih diremas-remas dalam air bersih kemudian saringlah. Rendamlah mata yang sakit itu di dalam air sirih sambil dikedip-kedipkan. Rasanya pedih sekali, kerjakanlah pagi dan malam sebelum tidur.
d. Bisul
Beberapa lembar daun sirih digilas dan kemudian taruhlah di atas bisul tersebut.

•17. Butrowali
Berguna untuk mengobati :
a. Membersihkan ginjal, tambah nafsu makan, menyembuhkan sakit demam
Batangnya direbus dan airnya diminum.
b. Obat luka-luka dan penyakit kulit
Air rebusan tersebut juga bisa dipergunakan untuk mencuci dan mengompres luka-luka. Dua kali sehari obat tersebut harus diperbaharui dan lukanya dicuci dengan air rebusan tadi.


•18. Daun Tombak / Wedusan
Berguna untuk mengobati :
a. Sakit perut
Beberapa lembar campur dengan sedikit kapur sirih digilas dengan kedua telapak tangan dan kemudian dilulurkan di atas perut.
b. Luka iris
Membuatnya seperti (a) di atas dan taruhlah di atas luka kemudian balutlah.
c. Sakit dada
Beberapa lembar digilas hingga lembut, masukkanlah ke dalam air bersih sebanyak satu gelas dan minumlah.

•19. Jarak
Berguna untuk mengobati :
a. Sakit radang anak telinga
Getah batang daun jarak sebanyak kira-kira seperempat sendok makan dipanaskan di atas api selama 2-3 menit. Tunggulah sampai getah itu mendingin dan akhirnya teteskanlah hangat-hangat ke dalam telinga yang sakit itu, dua atau tiga kali sehari 8 - 15 tetes.
b. Luka iris
Getah jarak diteteskan kepada luka iris, dapat mencegah terjadinya bengkak (infeksi).
c. Sakit gigi
Getah batang jarak diteteskan kepada gigi yang sakit, akhirnya gigi itu lambat laun akan patah sedikit demi sedikit tanpa kita rasakan.

 HYPERLINK "http://yulian.firdaus.or.id/2007/10/01/butir-butir-pengamalan-pancasila/"Butir-butir Pengamalan Pancasila
Ketuhanan Yang Maha Esa
Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
Berani membela kebenaran dan keadilan.
Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
Persatuan Indonesia
Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.
Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
Menghormati hak orang lain.
Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
Suka bekerja keras.
Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Tidak ada komentar: